Tahun 2013

picture2 picture3 picture4

Pada tanggal 9-14 September 2013 yang lalu, mahasiswa Rekayasa Hayati 2010 beserta masing-masing seorang perwakilan mahasiswa Rekayasa Kehutanan 2012 dan Rekayasa Pertanian 2012 melaksanakan ekskursi ke Thailand. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa di bidang ilmu rekayasa hayati serta aplikasinya dalam industri.

Dipilihnya Thailand sebagai destinasi ekskursi didasarkan pada penilaian bahwa Thailand merupakan Negara di kawasan ASEAN yang telah menerapkan prinsip rekayasa hayati dengancukup baik dalam bidang agrikultur maupun bidang industri (juga objek pariwisatanya yang menarik – red).

Perguruan tinggi yang dikunjungi selama pelaksanaan ekskursi di antaranya adalah Kasetsart University, Chulalongkorn University, dan King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT). Sedangkan lembaga penelitian/ industri yang dikunjungi antara lain BIOTEC serta Chia Tai Seed. Kelima tempat yang dikunjungi tersebut berada di kawasan Kota Bangkok dan sekitarnya.Berikut ini uraian singkat mengenai ke lima perguruan tinggi/ lembagapenelitian/ industri yang dikunjungi.

picture5 picture6 picture7

“Dengan kunjungan ke 5 tempat tersebut, membuat kitadapat melihat secara langsung aplikasi bidang rekayasa hayati dalam industri. Selainitu,dari kunjungan tersebut juga dapat terlihat bahwa integrasi antara perguruan tinggi, bioindustri, serta pemerintah Thailand sangatlah baik. Suatu hal yang belum terwujud di Indonesia. Hal inilah yang menjadi kunci kemajuan agrikultur serta bioindustri di Thailand”, ujar Fadhil, salah seorang peserta, ketika diwawancarai sepulangnya dari Bangkok.

Selain itu, juga dikunjungi tempat-tempat wisata terkenal di Bangkok dan Pattaya seperti Chao Praya River, Wat Arum, dan pantai Pattaya.

 

Sumber : HMRH ITB